Masalah Runtime Error

masalah runtime error, pesan runtime error, mengatasi masalah runtime error, runtime error, chyardi.blogspot.com, chyardi blog, blog chyardi, chyardi
Beberapa waktu yang lalu saat sedang browsing di internet, tiba-tiba di layar komputer muncul pesan Runtime Error! seperti gambar disamping ini, seandainya kita coba meng-Close atau mengklik tombol Ok pada pesan tersebut, biasanya pesan akan hilang untuk sementara waktu saja, tapi setelah itu akan muncul kembali, begitu pula jika kita mencoba untuk merestart komputer kita, masalah tersebut tetap akan muncul sampai kita menyelesaikan sumber penyebab masalah tersebut.

Penyebab masalah Runtime Error antara lain karena :

1. Adanya virus komputer
Solusi : Gunakan program anti virus di komputer kita, jika sudah menggunakan program anti virus, perbaharui program anti virus kita dengan update terbaru.

2. Adanya script web yang salah
Solusi :
-  Klik Start ~ Control Panel ~ Network and Internet Connections;
-  lalu pilih Internet Options ~ klik Tab Advanced kemudian pada Bagian Browsing;
- tandai dan pilih pada kotak Disable script debugging (Internet Explorer) dan Disable script debugging (Other), lalu kosongkan kotak Display a notification about every script error;
- Klik Ok setelah selesai.

masalah runtime error, pesan runtime error, mengatasi masalah runtime error, runtime error, chyardi.blogspot.com, chyardi blog, blog chyardi, chyardi

3. Masalah pada Program atau Software
Seperti contoh untuk kasus di atas penyebab Runtime Error karena adanya masalah di program/software.
Solusi : Perbaharui dengan update atau patch terbaru untuk program tersebut. Atau uninstall dan install ulang program tersebut, jika kita mempunyai versi yang terbaru, kita dapat menginstall ulang program tersebut dan menggantinya dengan versi terbaru.

4. Adanya konflik dengan program lain yang sedang berjalan
Jika pesan error terjadi pada saat kita menjalankan atau membuka beberapa program sekaligus, coba kita close/tutup program yang sedang tidak kita gunakan, dan periksa juga barangkali ada utilitas atau program yang sedang dimuat di Config.sys/Autoexec.bat. Jika penyebabnya karena ada program yang sedang dimuat di Config.sys/Autoexec.bat, coba kita rename file tersebut, setelah itu restart ulang komputer kita.

5. Plugins, Add-on, atau perangkat lunak tambahan lainnya
Solusi : Jika kita memiliki/memasang perangkat lunak tambahan yang berhubungan dengan program, menjadi penyebab timbulnya error, coba kita verifikasi/periksa dengan cara meng-uninstall satu per satu Plugins, Add-on, atau perangkat lunak tambahan tersebut, dan pastikan tidak ada update yang tersedia untuk program tersebut.

6. Masalah memori
Jika masalah masih tetap muncul, barangkali penyebabnya berhubungan dengan masalah hardware/memori terkait.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :



4 komentar:

Rafid Aslam mengatakan...

Blogwalking hari ini, kunjung balik gan. rh-w.blogspor.com

Unknown mengatakan...

gan tip nya berlaku juga buat win7?

Anonim mengatakan...

tips bagus sobat, pasalnya error ini paling sering terjadi

Anonim mengatakan...

Terima kasih gan