Lowongan Kerja Sekretaris di Kantor Akuntan Publik
Syarat : Wanita min. 19 th, SLTA/D1, Menguasai Komputer (min. MS Office), Pengetahuan Perpajakan & Administrasi, Penempatan di Bandung.  Kirim CV ke : hrdkap15@gmail.com (maks. 30 Juli 2017)

Permasalahan Motherboard Dan Cara Mengatasinya

Gejala dan cara bagaimana mengatasi motherboard yang rusak.

Mati Total
- Periksa power supply, dalam keadaan kabel power di lepas dari power supply, lepaskan socket kabel ATX1 yang terpasang pada Mainboard. Setelah terlepas, pasangkan kembali kabel power, sambungkan/shortkan kabel berwarna hijau dengan kabel berwarna hitam, periksa apakah kipas di power supply berputar? Kalau berputar berarti power supply bagus. Lepas kembali kabel sambungan tadi dan pasang kembali kabel ATX1 ke motherboard.
- Periksa Jumper Clear CMOS, apakah di posisi Clear atau Free, biasanya kalau motherboard baru, posisi jumper CMOS ada pada posisi Clear.
- Periksa IC Chipset dalam keadaan tersambung dan di Switch On, apakah panasnya berlebih atau tidak, over heat berarti Chipset tersebut sudah rusak. Untuk part IC CMOS sampai saat ini tidak dijual bebas.
- Periksa juga apakah switch on nya berfungsi.
- Bongkar Motherboard tersebut secara hati-hati, coba anda bersihkan pakai tiner, kalau bisa gunakan tiner botol jangan yang di kaleng. Setelah bersih anda keringkan.
Ganti IC regulator yang terletak disekitar soket Power ATX di motherboard.
Ganti Elko yang kapasitasnya 1000 s/d 3300 uf / 10 Volt yang terletak disekitar soket power Atx di motherboard. Hati-hati untuk bongkar pasang komponen pastikan kabel power jangan tersambung ke listrik.

Nyala Tapi Tidak Tampil
- Coba anda perhatikan dan dengarkan apakah ada bunyi atau suara bip. Kalau ada, kerusakan biasanya ada di processor, memory dan VGA.
- Periksa Processor, coba anda pegang pendinginnya apakah panasnya berlebih atau dingin? Kalau panas berlebih berarti kipas processor tidak bekerja dengan baik maka anda ganti, tapi kalau dingin berarti processor tidak bekerja alias rusak.
- Periksa memory, biasanya kalau memory rusak terdengar suara bip pada speaker sebanyak 3 kali. Dalam keadaan mati, cabut memory bersihkan pinnya menggunakan penghapus pensil sampai bersih, kemudian pasang kembali. Kalau masih rusak berarti ada salah satu IC nya yang rusak.
- Periksa VGA Card, cabut VGA Card, dalam keadaan mati / off coba anda tekan, ada kemungkinan kurang masuk atau coba anda bersihkan kaki / pin nya. Jika VGA card menggunakan kipas, bersihkan kipas tersebut.
- Kalau masih tidak tampil coba anda periksa jangan-jangan monitornya yang tidak nyala, untuk memastikannya yang rusak monitor atau CPU, coba anda tekan tuts Numlock pada keyboard, apakah lampu Numlock-nya nyala atau tidak. Kalau nyala berarti kerusakan pada CPU.
- Yang menjadi standar saya kalau memperbaiki Komputer, saya selalu membersihkannya dari debu, apakah itu motherboard, memory, cdrom, floppy disk, dll, karena hal tersebut sangat berpengaruh apa lagi kalau komputernya dalam keadaan kotor / lama tidak dibersihkan. Tapi anda harus hati-hati dalam pengerjaannya dan jangan terburu-buru.

Hang Dan Sering Mati / Merestart (Reset) Sendiri
- Periksa Power Supply, coba pakai power supply yang lain apakah masih me-restart sendiri atau hang. Kalau setelah diganti power supply ternyata normal/ bagus, berarti power supply ada masalah. Ganti saja karena kalaupun bisa diperbaiki saya sendiri kurang yakin apakah masih bisa berfungsi dengan baik, karena power supply merupakan komponen yang sangat vital. Apalagi untuk saat ini harga power supply sanggat murah, saya sarankan ganti saja.
- Periksa apakah ada virusnya, program anti virus harus selalu terpasang dan aktifkan auto protect nya. Saya biasa memakai Norton Anti virus. Anda harus sering meng-update antivirus anda karena bila ada virus varian baru, anti virus anda akan mendetect sekaligus menghilangkan virusnya.
- Pada saat hang dan ada pesan blue screen seperti “eror vxd at address…”, biasanya ada masalah di memory. Bersihkan memory tersebut seperti langkah diatas.
- Coba anda install ulang Windows.
- Kalau masih hang / me-restart sendiri coba anda periksa di motherboard, anda perhatikan perubahan fisik komponen terutama elko/kapasitor, yang bentuknya bulat hitam ada tulisan kapasitasnya antara 1000 uf/10Volt s/d 3300 uf/10 volt, biasanya terlihat, kalau yang rusak terlihat kembung / bengkak dan mengeluarkan cairan atau karat.

CMOS Checksum Failure (Baterai Low)
Gejala kerusakan dan solusinya :
- Muncul pesan CMOS failure (Kerusakan pada baterai CMOS, ganti baterai tersebut)
- Seting tanggal, time dan konfigurasi lain di BIOS berubah (Setelah baterai diganti, lakukan setting ulang pada BIOS).

Semoga bermanfaat.

Sumber : AriTOP21

Artikel Terkait :



9 komentar:

Anonim mengatakan...

pak saya punya masalah pada mobo saya setelah psu saya dihubungkan ke mobo dan saya on,..hasil nya processor tidak menunjukkan adanya arus ,,(tidak ada panas sama sekali ,,bgtu jga chipset...mhon pencerahannya dikirim via email di darmujialexandy@ymail.com thx....

moch mengatakan...

gan mau nanya nih ,procesor,ram, hardics,dah ane coba di mobo yg lain hasilnya bagus ,tapi dimobo yg satu ini cuma lampu mobo nyala,kipas jalan,IC nya panas standar,cuma monitor ga mau tampil....gimana solusinya ya..ma kasih gan sebelumnya.

moch mengatakan...

gan saya punya mobo monitor ga mau tampil,padahal kipas jalan ,lampu mobo nyala, prosecor+ram hardics dah dicoba dimobo lain bagus. tolong bantu solusinya ya gan ,ma kasih gan sebelumnya ni email saya...yad_sudjadi@yahoo.com...hp 08121336350

Chyardi's Blog mengatakan...

Salam kenal mas Moch, maaf terlambat baru bisa balas sekarang.
Mengenai pertanyaan mas, monitor yang ngak mau tampil, terus terang kemungkinannya banyak mas, saya ngak bisa memberi jawaban yang 100% pasti memuaskan dan berhasil kalo dicoba, sebab saya ngak melihat langsung kondisi sebenarnya komputer mas itu bagaimana?, tetapi kalo boleh saya sederhanakan anggap saja komputer ini semuanya 95% normal dan 5% sisanya hanya masalah dengan monitor saja yang ngak mau tampil.
Kalo seandainya saya menemukan kondisi seperti ini, yang mungkin saya lakukan yaitu :
1. Saya periksa dulu monitornya, apakah monitor tersebut berkerja dengan baik jika saya pasangkan di komputer yang lain?, (tentunya komputer yg lain tsb kondisinya harus baik).
atau kalo ngak saya coba monitor lain yang kondisinya masih bagus & berjalan dengan baik, saya pasangkan di komputer ini.
--> lihat hasilnya kalau di komputer lain monitor berjalan normal atau monitor yang masih bagus tersebut tidak berjalan dengan baik di
komputer ini, berarti masalahnya bukan ada di monitor. Tetapi kalo hasilnya sebaliknya berarti masalah ada di monitor tersebut.

2. Jika monitor yg sudah kita pastikan 100% dalam keadaan baik, coba sekarang periksa bagian VGA connector dan portnya apakah dalam kondisi baik dan terhubung dengan sempurna tidak?, atau ada masalah seperti
kotor/tersumbat, goyang, kendor, dll. Pastikan bagian VGA connector dan portnya tidak ada masalah dan terhubung dengan baik.

3. Coba kita lihat apakah power monitor mengambil power dari saluran listrik langsung atau lewat power supply, jika mengambil dari listrik langsung pastikan aliran listrik mengalir sempurna & aman. Tetapi jika
kita mengambil listrik lewat power supply, kita pastikan dulu apakah power supply dalam keadaan 100% baik, atau kondisinya sudah lemah(tidak 100% lagi). Bisa jadi power supply masih mampu mengaliri power ke motherboard, tetapi begitu ditambah monitor mulai ada kendala.
--> Pastikan power supply dalam keadaan 100% baik, atau kalau ngak kita dapat mengambil dari saluran listrik langsung (via stabiliser
atau UPS ini lebih bagus dan aman).

4. Periksa apakah komputer ini menggunakan VGA onboard atau tidak (VGA card), kalau menggunakan VGA card, periksa lagi VGA cardnya support ngak dan kondisinya masih 100% bagus/baik ngak?, kalau masih bagus, coba bersihkan lagi & pasang kembali dengan sempurna VGA cardnya. Nah kalau masalahnya ada di VGA onboard, ini terus terang agak susah sebab
jadi satu dengan motherboard, paling solusinya kita bisa coba menggunakan VGA card kalo seandainya motherboardnya masih dalam keadaan baik (jika masalahnya hanya ada di VGA onboard saja).

5. Seandainya semua sudah kita periksa, tetapi monitor masih belum tampil juga, barangkali kemungkinan masalah ada di motherboard, tetapi
ini juga hanya dugaan saja mas, yang belum tentu benar, jadi lebih baik komputernya dibawa ke tempat yang lebih berkompeten (tempat
service) untuk diperiksa.
Mungkin itu saja mas jawaban dari saya, mohon maaf kalo seandainya tidak memuaskan, karena keterbatasan ilmu saya. Thanks.

Salam :)

Devin Screamous mengatakan...

tanks gan ..... mampir di lampak aku....

Nurkholis Bluri mengatakan...

Ok banget mss

Adham Beta mengatakan...

Mohon bantuannya master,mobo saya tidak tampil/no display dan tidak ada bunyi beep,kipas mutar,setelah 20 detik mati trus hidup lagi,begitu seterusnya,mohon dibantu master2 sekalian,, thanks..

Adham Beta mengatakan...

Gan mobo saya ga tampil/no display, fan mutar tp setiap 15 detik mati trus hidup lagi,, mohon pencerahannya gan,, thanks

tires-22 mengatakan...

Coba gini aja gan :
1) Cabut baterai CMOS, tunggu beberapa menit;
2) Sambil nunggu cabutin kabel2 seperti kabel Power, kabel Hardisk, dll dari motherboard, untuk kabel2 kecil yg banyak seperti kabel speaker, dll ya ngak usah dicabut, nanti bingung masangnya lagi;
3) Tekan Power PC 20 atau 30 detik, biar arus listrik sisa terbuang;
4) Cabut memori card, bersihin tuh kuningannya barangkali kotor, pake karet penghapus juga boleh, kalo ada VGA card juga bersihin;
5) INI PENTING !!! Bersihin juga fan di atas Processor, pake compressor lebih bagus tapi hati2 nanti rontok komponennya, sekalian motherboardnya biar bersih;
6) Rangkai lagi pasang kabel2nya, kabel power, baterai CMOS, dll, hardisk, VGA Card, Memori card jangan dipasang dulu, nyalain power, biasanya bunyi beep kalo masing normal, terus matiin, sekarang pasang memori card, nyalain power, kalo jalan, matiin, lanjutkan dengan masang yang lain.. sampai terpasang dan jalan semua. Thanks.


Posting Komentar