Cara Memulai Menulis / Membuat Artikel Di Wordpress

Pada pada pembahasan kali ini kita akan coba membahas bagaimana cara memulai membuat artikel di Wordpress. Sebelum kita mulai, terlebih dahulu perlu dijelaskan bahwa di Wordpress terdapat dua jenis artikel, yaitu Post dan Page.

Post : Artikel yang tersusun, terstruktur, dan terurut ; sedangkan
Page : Halaman web lainnya yang berdiri sendiri (jadi page berdiri sendiri sebagai halaman web/blog dan terpisah dengan post).

Sekarang langsung saja kita mulai, langkah-langkahnya sebagai berikut :
> Log In terlebih dahulu ke wp-admin (wilayah administrasi wordpress) caranya sebagai berikut :
- Jika anda sekarang membuat website-nya di localhost, ketikkan pada alamat URL http://localhost/nama_domain_anda/wp-login.php
(Maka akan muncul seperti gambar dibawah).

- Jika anda membuat website-nya bukan di localhost, langsung ketikkan pada alamat URL http://nama_domain_anda/wp-admin
(Maka akan muncul seperti gambar dibawah).

http://chyardi.blogspot.com, chyardi.blogspot.com, chyardi's blog, chyardi blog, chyardis blog, chyardi, chyardis

> Isi username dan password anda (seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, Misalnya Username : admin, Password : isi password anda ) ;

> Klik Log In (kita akan masuk ke Dashboard) ;

> Untuk memulai menulis artikel kita klik Posts, lalu pilih AddNew ;

http://chyardi.blogspot.com, chyardi.blogspot.com, chyardi's blog, chyardi blog, chyardis blog, chyardi, chyardis
(Gambar di atas adalah tampilan di Wordpress 2.8)

> Sekarang anda dapat menulis artikel disini, tulislah judul dan isi artikel ditempat yang telah ditentukan (lihat Gambar di atas) ;

Cara Menambah Tag
Kita dapat menambahkan Tag sesuai dengan artikel yang telah kita buat, caranya :
> Tulis/ketik Tag yang ingin anda buat pada kolom Add new tag, jika anda ingin menulis Tag lebih dari satu, pisahkan Tag dengan tanda koma (,) setelah selesai lalu klik tombol Add ;

http://chyardi.blogspot.com, chyardi.blogspot.com, chyardi's blog, chyardi blog, chyardis blog, chyardi, chyardis

> Jika anda ingin membatalkan Tag yang telah dibuat klik tanda silang (x) disamping Tag tersebut ;

> Jika anda ingin memilih Tag yang sudah pernah anda buat, klik Choose from the most used tags in Post Tags.

Cara Menambah Kategori
Kita juga dapat memilih kategori yang sesuai dengan artikel yang telah kita buat, caranya :
> Dengan memberi tanda contreng pada kotak kategori yang sesuai, jika kita sudah pernah membuat kategori ;

http://chyardi.blogspot.com, chyardi.blogspot.com, chyardi's blog, chyardi blog, chyardis blog, chyardi, chyardis

> Jika belum memiliki kategori atau kita ingin menambahkan kategori yang baru agar sesuai dengan artikel yang dibuat, kita dapat menambahkannya dengan cara meng-klik + Add New Category.

Cara Menerbitkan Artikel
Jika kita telah selesai menulis artikel, maka untuk menerbitkan/ mempublikasikan artikel agar dapat terlihat di halaman depan website, caranya dengan meng-klik tombol Publish pada menu publish di sebelah kanan.
Namun apabila kita ingin menyimpannya sementara sebagai draft kita dapat menekan tombol Save Draft.

http://chyardi.blogspot.com, chyardi.blogspot.com, chyardi's blog, chyardi blog, chyardis blog, chyardi, chyardis

Disini kita juga dapat memproteksi artikel kita dengan password, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya.

http://chyardi.blogspot.com, chyardi.blogspot.com, chyardi's blog, chyardi blog, chyardis blog, chyardi, chyardis

Jika kita ingin mengatur penerbitan artikel, klik Edit disamping tulisan Publish Immediately, kemudian kita dapat mengubah tanggal dan jam berapa artikel itu akan kita terbitkan.
Untuk menu lainnya seperti Coments and Pings anda bisa mensetting apakah artikel yang anda tulis tersebut mengijinkan pengunjung untuk memberikan komentar atau tidak. Sedangkan fasilitas-fasilitas yang lainya adalah tambahan yang berkenaan dengan link back atau tampilan dari artikel anda.
Selesai.

Selamat mencoba.

Catatan :
Bagi rekan-rekan yang baru mulai memperlajari membuat website menggunakan Wordpress, apabila setelah membaca artikel ini ada kesulitan/kurang dimengerti atau mungkin ingin mendiskusikannya, jangan sungkan untuk menuliskan komentarnya dibawah.

Artikel Terkait :



10 komentar:

Anonim mengatakan...

Menarik bro...

Bro saya punya website wordpres, biasanya saya publish artikel di halaman dan terpublish dihalaman depan dan juga artikel yang sama itu terpublish di halaman dalam (halaman yang hanya bisa diakses setelah login username dan passw, nah gimana caranya menutup publis yang halaman depan supaya yang terpublish hanya halaman yang bisa di akses pake username dan passw saja. Thank banyak atas jawabannya

Unknown mengatakan...

umm saya mw tau bagaimana caranya mem-post di WP teman yg meng-invite wordpress saya... tolong jawab segera.. terimakasih banyak..

Chyardi mengatakan...

Sebelumnya terima kasih banyak mbak Tasya sudah berkenan berkunjung ke Blog Chyardi, maaf terlambat nih balasnya, mengenai pertanyaan mbak, terus terang saya agak kurang jelas maksud pertanyaannya nih.., kalo seandainya yg dimaksud itu mem-post artikel kita di blog/website teman yg mengundang kita, tentu ini tidak bisa (dlm kondisi normal/legal) kalo tanpa ijin yg bersangkutan pemilik blog/website tsb. Sebab untuk menulis, mempost artikel, dsb, kita perlu login terlebih dahulu sebelum masuk ke Dashboard website tsb.
Seandainya kita ingin mempost artikel di website/blog teman kita, solusinya antara lain dengan mengirim artikel yg sudah kita tulis ke teman kita, dan meminta kepada yg bersangkutan supaya memposting artikel yg sudah kita tulis di website/blog mereka. Mungkin itu jawaban dari saya, mohon maaf kalo jawabannya kurang memuaskan.
Salam :)

Unknown mengatakan...

mas chyardi saya masih kurang paham, maklum masih pemula..hhe..
biar saya ulang lagi maksud pertanyaan saya. begini, saya di-invite oleh teman sesama pengguna wordpress sebagai author baru.. setelah itu saya melakukan login dan menulis artikel tetapi artikel tersebut malah ter-publish di WP saya bukan di milik teman yang meng-invite saya... beberapa teman yang juga di invite dapat melakukannya, mengapa saya tidak bisa?.. apa saya tidak tau caranya atau memang tidak dapat dilakukan?...

maaf ya mas sebelumnya saya banyak tanya..hhee..
di tunggu jawabannya segera..

Unknown mengatakan...

ohh iya mas satu lagi ketinggalan..
katanya kan 'kita perlu login terlebih dahulu sebelum masuk ke Dashboard website tsb.'

nah bagaimana caranya..?

Chyardi mengatakan...

Maaf telat nih mbak Tasya, baru sempat sekarang baca emailnya.
Mengenai pertanyaan mbak Tasya, cara untuk login bagi pengguna wordpress, cukup ketikkan alamat URL http://nama_domain_anda/wp-admin
contohnya : chyardi.wordpress.com/wp-admin lalu tekan Enter, nanti kita akan masuk ke menu login.
Mbak tasya waktu melakukan login dan menulis artikel, yg kemudian malah terpublish di WP mbak Tasya, berarti mbak login di WP mbak sendiri, bukan di website teman mbak.
Misalnya teman mbak punya website : teman.wordpress.com atau teman.com
coba mbak Tasya ketik di alamat URL http://teman.wordpress.com/wp-admin atau http://teman.com/wp-admin kemudian tekan Enter, nanti akan masuk ke menu Login, disini kita akan diminta untuk mengisi username dan passwordnya, jika berhasil masuk kita akan sampai ke menu dashboard.

Unknown mengatakan...

Saya baru belajar buat blog dan ingin banyak tau tentang mengelola blog wordpress. permasalahan pertama yg saya dapatkan adalah blog saya tidak muncul dalam proses pencarian di google. gimana caranya agar blog saya dapat tersambung ke google? makasih sebelumnya :)

Chyardi mengatakan...

Untuk MI Muhammadiyah Bontoboddia agar blog kita terindeks dan muncul dalam proses pencarian di Google, sebelumnya kita harus daftarkan terlebih dulu blog yang sudah selesai kita buat di Google Webmaster Tools, untuk alamatnya agar tidak salah kita bisa cari di Google, tetapi sebelumnya sebaiknya kita sudah memiliki akun gmail terlebih dahulu untuk lebih memudahkan.
Selamat mencoba :)

Anonim mengatakan...

Gan saya mau nanya , cara buat kategorinya gimana ya???
Kan diatas ada kategori Komputer,Mobile gitu gimana ya????
Makasih

Chyardi mengatakan...

Untuk mas Bayunuranto, jika kita menggunakan wordpress, saat membuat artikel, di bagian kanan mas bisa lihat ada kotak menu Kategori, jika sebelumnya kita belum pernah membuat kategori apapun untuk artikel yg sedang kita tulis maupun artikel yg sudah pernah kita buat, biasanya di kotak menu kategori ini tidak akan muncul tuh kategori seperti contoh kategori komputer, mobile, dll. Di kotak menu kategori ini biasanya kosong.
Jika mas menginginkan artikel yg mas tulis dikelompokan dalam suatu kategori tertentu, mas tinggal meng-klik +Tambah Kategori Baru atau +Add New Category, nanti akan muncul kotak kosong, terus ketik kategori apa yg ingin mas tambahkan.
Nanti jika mas akan mulai membuat artikel yg baru, nanti kategori yg sudah pernah mas buat biasanya akan muncul di kotak menu kategori tsb, jika kita ingin mengelompokan artikel yg sedang ditulis berdasarkan kategori tertentu kita tinggal klik/centang pada kotak kategorinya, kalo kira-kira2 tidak sesuai dengan kategori yg ada, mas dapat membuat kategori yg baru. Thanks.

Posting Komentar